Label

Astronomi (32) healthy (7) humors (5) informations (84) inspiration (48) mystery (31) news (83) science (121) Unique (114)

Rabu, 20 Januari 2010

man 1 ska

tentang man 1 ska
1. boarding school
SEKILAS PROGRAM BOARDING SCHOOL

Program Boarding School adalah jawaban atas kegelisahan masyarakat akan rendahnya daya saing lulusan madrasah aliyah dalam perebutan kursi di PTN umum ternama baik melalui jalur beasiswa maupun jalur tes. Program ini menekankan pendalaman materi-materi dasar keilmuan (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, bahasa Inggris dan Komputer), yang dalam prosesnya dipersiapkan khusus untuk menjuarai even-even olimpiade. Ruh keagamaan tetap dipertahankan dalam amaliah-amaliah dan sunnah asrama. Keseimbangan dalam kompetensi keagamaan dan keilmuan menjadi dasar pemikiran (paradigma) program ini, sehingga ke depannya peserta didik diharapkan memiliki kapabilitas yang memadai dalam menafsirkan ayat-ayat kauniyah bersinergi dengan wahyu-wahyu illahiah. Sehingga siap berperan sebagai intelektual muslim dalam kancah dakwah melalui penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Peserta didik wajib tinggal di asrama selama masa pendidikan. Bukan semata-semata untuk pembentukan perilaku (shapping behavior), melainkan untuk terciptanya budaya akademik everytime pada peserta didik yang selalu tergerak melakukan penjelajahan intelektual (intelectual journey) baik di sekolah maupun di asrama. Desain kegiatan disusun sedemikian rupa untuk maksud tersebut, termasuk fasilitas laboratorium mini dan ketersediaan internet di asrama. Gambaran aktivitas harian siswa Program Boarding School adalah sebagai berikut :

No


Waktu


Kegiatan Pembelajaran


Keterangan

1


04.45 – 05.00


- Tilawatul Qur’an


Kelompok

2


05.00 – 06.00


- Pengembangan Kosa kata Arab & Inggris

- Conversation Arab atau Inggris


Kelompok

Kelompok

3


07.00 – 13.30


- KBM Pagi


Kurikuler terjadwal

4


14.00 – 16.30


- Tutorial Siang


Mafikib, TI dan Inggris

5


18.15 – 19.15


- Pengembangan Vocab

- Khitobah

- Kajian Keislaman


Klasikal

Kelompok

Klasikal

6


20.00 – 22.00


- Belajar mandiri / kelompok


Terbimbing
2. mapk/makn
PROFIL PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN (MAPK)PROGRAMMED ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL MAN 1 SURAKARTA

I. LANDASAN HUKUM

1.

Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.

Peraturan Pemerintah RI No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah
3.

Keputusan Menag RI NO. 73 tahun 1987 tentang penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus
4.

Keputusan Menag No. 371 tahun 1993 tentang Madrasah Aliyah Keagamaan
5.

Edaran Dirjen Bimbaga Islam No. E.IV/PP.00/A.2/445/94 tentang penataan Madrasah Aliyah.
6.

Edaran Dirjen Bimbaga Islam No. E/PP.00.6/J/54/97 tentang penyelenggaraan MAK

II. SELAYANG PANDANG

Program Khusus Keagamaan adalah salah satu program unggulan yang ada di MAN 1 Surakarta. Kekhususan Program ini terdapat dalam dalam tiga hal.

Pertama ; Sistem seleksi yang ketat dan memperyaratkan kemampuan kemampuan akademik tinggi ( nilai murni mapel agama minimal 7, nilai matematika dan bahasa Inggris minimal 6, dan diutamakan yang menduduki rangking 1 s/d 10 di kelas )

Kedua : Sistem pondok pesantren ( Islamic Boarding School ), di mana semua siswa harus tinggal di pondok/asrama di bawah pengawasan pembina selama 24 jam.

Ketiga : Bahasa Pengantar, di mana untuk semua mata pelajaran agama bahasa pengantar dalam KBM, buku pegangan dan referensi, serta tes evaluasi menggunakan bahasa Arab. Program ini pada awal berdirinya bernama Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK). MAPK didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 73 tahun 1987. Program ini didirikan sebagai koreksi atas pendidikan Islam ,terutama di bidang ilmu-ilmu agama, yang tidak dapat menghasilkan sarjana atau ulama yang memiliki kompetensi memadai. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sarjana Agama Islam yang tidak bisa membaca kitab kuning dan tidak menguasai bahasa Arab. Untuk itu, maka para pemikir pendidikan Islam pada waktu itu terutama para ulama’ merasakan pentingnya meningkatkan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi Islam dengan menyiapkan calon in put yang berkualitas. Untuk itulah maka didirikan Madrasah Aliyah Program Khusus yang desain untuk melahirkan lulusan yang disiapkan menjadi in put IAIN dan Perguruan Tinggi Islam lainnya.

III. DESAIN KURIKULUM

Desain kurikulum MAPK terdiri dari 70 % ilmu-ilmu keislaman dan 30 % ilmu pengetahuan umum. Program ini didesain untuk menyiapakan peserta didik yang memiliki integritas keislaman dan kemampuan ilmu-ilmu keislaman yang memadai guna melanjutkan ke PT Islam baik di dalam maupun di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar